Latest News

Resep Soto Babat Betawi Asli Daging Sapi Paling Enak

Resep soto babat betawi merupakan salah satu olahan makanan yang terbuat dari potongan babat dan diberi dengan tambahan kuah kental. Nah untuk kalian yang saat ini sedang mencari rahasia dari resep masakan soto babat betawi silahkan baca saja disini. Aneka Kumpulan Tips Masak Memasak Serta Beragam Panduan Rahasia Masak Memasak Atau Cara Membuat Video Bumbu Masakan Resep Soto Babat Betawi Asli Daging Sapi Yang Paling Enak Sederhana Serta Sangat Mudah

Bahan Soto Babat Betawi Enak:

150 gram babat sapi
150 gram paru sapi
300 gram daging sandung lamur atau sengkel
150 gram usus sapi
3 sendok makan minyak
500 ml santan encer
200 ml susu sapi
1500 ml air

Bumbu Halus Masak Soto Babat Betawi:

3 buah cabai merah besar
10 butir bawang merah
7 siung bawang putih
1 sendok teh merica bubuk
2 cm jahe
2 sendok teh jintan
1 sendok teh cengkeh
4 lembar daun salam
2 batang serai, memarkan
1/2 sendok teh garam atau secukupnya

Bahan Pelengkap Masakan Soto Babat Betawi:

1 buah tomat merah, potong 12 bagian
1 batang daun bawang, iris serong halus
1 batang daun seledri, rajang halus
4 sendok makan bawang goreng
100 gram emping goreng
1 cobek sambal cabai rawit
100 gram acar

Cara Membuat Bumbu Masakan Soto Babat Betawi Asli Daging Sapi Yang Paling Enak Sederhana Serta Sangat Mudah:

1. Pertama rebuslah daging sengkel dan sandung lamur dengan air, rebus sebentar hingga daging berubah warna, kemudian tiriskan dan buang air rebusan pertama, kemudian rebus daging tadi dengan 1,5 liter air dan 1 sendok makan garam, rebus hingga daging sengkel dan sandung lamur lunak. Angkat tiriskan kemudian potong-potong dadu dan sisihkan air kaldunya.
2. Lalu rebuslah semua daging jerohan hingga empuk dan tiriskan, kemudian buang air rebusannya. Potong-potong babat, paru dan usus menjadi ukuran kecil.
3. Segera panasi kaldu daging dengan api sedang kemudian tumis bumbu halus, daun salam dan sereh dengan minyak goreng hingga matang dan wangi, segera masukkan tumisan bumbu ke dalam air kaldu, aduk hingga rata.
4. Masukkan potongan daging dan jerohan ke dalam air kaldu kemudian tambahkan air susu dan santan, aduk aduk hingga kuah mendidih tambahkan garam dan cicipi kuah hingga di dapat rasa yang pas.
5. Berilah tempat soto dalam bentuk mangkuk dan beri irisan tomat, daun bawang. daun seledri, dan bawang goreng. Sebagai pelengkapnya sajikan bersama emping, sambal, dan acar dalam tempat terpisah.

Tips: sesudah santan masuk terus aduk aduk agar santan tidak pecah/pisah dengan air kaldu. Bila sudah matang matikan kompor. Dan bila ingin menambahkan minyak samin, tambah 1 sendok makan minyak samin ke dalam mangkuk ketika kuah panas mengepul. Lalu biarkan minyak samin meleleh bersama kuahnya, dan soto siap disantap.

Video Cara Membuat Resep Soto Babat Betawi Asli Daging Sapi Yang Paling Enak


Itulah beberapa panduan rahasia dari resep soto babat betawi enak yang bisa saya tulis dan bagikan kepada kalian semua. Akhir kata selamat menikmati olahan soto babat betawi serta jangan lupa baca juga kreasi soto babat lainnya seperti resep soto babat bening, cara membuat bumbu soto babat betawi, resep soto babat santan yang enak serta mudah untuk dibuat.